Senin, 12 Januari 2015

Perbedaan Buaya dan Aligator


Buaya dan Aligator, kedua nya merupakan pemangsa di strata tertinggi rantai makanan yang sangat buas. Namun, banyak dari kita sulit membedakan antara keduanya, faktanya kedua spesies ini berbeda keluarga inilah beberapa perbedaan yang dapat membedakan Buaya dan Aligator

Keluarga (ordo) Aligator dan Buaya

Aligator termasuk Famili Alligatoridae, terdiri dari 2 spesies alligator dan 6 caiman. Contoh spesies-spesies tersebut diantaranya, Caiman Hitam, Caiman Bermoncong Lebar, Caiman Yascare, alligator Mississipi, dan Aligator China. Buaya tergolong Famili Crocodylidae dan mendapat 15 Spesies, diantaranya Buaya Muara atau Buaya Air Asin, Buaya Sungai Nil, Buaya Papua, Buaya Siam, Buaya Orinoco, dan Buaya Amerika. Habitat buaya dan alligator hidup di daerah tropis dan subtropics namun alligator hanya ditemukan di beberapa tempat saja, seperti amerika serikat dan beberpa di daerah cina.

Habitat hidup buaya bisa ditemukan di banyak tempat di belahan dunia. Mereka hidup di Amerika Tengah, Amerika Selatan, Afrika, Pakistan, India, Australia, dan Asia Tenggara. Buaya Muara/ Buaya Air Asin bahkan ditemukan di pulau-pulau terpencil di samudera pasifik. Mereka dapat berenang bermil-mil jauhnya melewati lautan.

Meskipun buaya dan alligator ada yang ditemukan di wilayah yang sama, tetapi mereka berbeda ordo (family) dan hidup berjauhan. Sebagai contoh di Amerika tepatnya di Florida, buaya ditemukan di dekat laut yang sebagian airnya asin (payau), sedangkan alligator di temukan di dekat daratan yang berair tawar.

Perbedaan Warna

Aligator memiliki warna tubuh yang gelap dan Nampak kehitaman, sementara buaya lebih terang, tampilannya cenderung kehijauan atau kecokelatan.

Panjang Tubuh


Ukuran tubuh buaya jauh lebih besar dibandingkan alligator, alligator caiman memiliki panjang 1,2 – 4 m, sedangkan pada buaya mereka memiliki panjang mulai dari 1,5 – 6 m. Bahkan di india ada yang mencapai 7,5m dan masuk Guinness Book Of World Records.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar